Penyusunan Assesment Pembelajaran Kurikulum OBE Program Studi S1 Ekonomi
![](https://statik.unesa.ac.id/ekonomi/thumbnail/089acbc8-42c5-4513-9357-038eac5e2a99.jpg)
Pada tanggal 4-6 Juni 2023 di Hotel Aston Sidoarjo, Prodi S1 Ekonomi mengadakan acara penyusunan assesment pembelajaran kurikulum berbasis OBE. Dr. Tony Seno Aji, S.E., M.E., selaku Koordinator Prodi S1 Ekonomi membuka acara penyusunan assesment tersebut. Dr Tony menyambut baik inisiasi dari Tim Kurikulum Prodi S1 Ekonomi yang diketuai oleh Ladi Wajuba Perdini Fisabilillah, S.Pd., M.S.E. Secara konsep asesment berkaitan dengan konsep penilaian dan evaluasi. "Asesment dalam pembelajaran penting dilakukan karena untuk mengetahui ketercapaian mahasiswa terhadap pebelajaran yang telah dilakukan", ujar Dr Tony.
Outcome-Based Education (OBE) merupakan suatu pendekatan dalam pendidikan yang berfokus pada pencapaian hasil pembelajaran yang jelas dan terukur. Tujuan utama OBE adalah untuk memastikan bahwa masiswa benar-benar menguasai kompetensi dan keterampilan yang diharapkan. OBE tidak hanya mengejar pengetahuan semata, tetapi juga pada aplikasi praktisnya.
Dalam Kurikulum OBE, tujuan pembelajaran bersifat spesifik,
terukur, dan terkait dengan hasil yang diinginkan. Jadi, tujuan kurikulum ini
dirancang untuk mengukur perihal yang Mahasiswa pahami dan kuasai. OBE menekankan pengembangan kompetensi dan kemampuan kritis
yang dapat diterapkan dalam kehidupan nyata sehari-hari. Hal ini melibatkan
pengembangan pemahaman yang lebih mendalam daripada sekadar menghafal.
![](https://statik.unesa.ac.id/ekonomi/gallery/7b5fef55-8e31-4f00-b945-1178d47ad53b.jpg)
OBE menggunakan assessment yang jelas dan terstruktur untuk mengukur sejauh mana siswa mencapai tujuan pembelajaran. Assessment dapat berupa ujian tertulis, proyek, portofolio, atau tugas. Assessment pembelajaran dalam kurikulum Outcome-Based Education (OBE) merupakan proses penilaian yang dirancang untuk mengukur sejauh mana mahasiswa telah mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan dalam konteks OBE.