Webinar Branding (Webrand) dan Pelatihan LinkedIn Himpunan Mahasiswa Prodi Ekonomi dengan tema “Jejak Sukses Digital: Navigasi Karier di Era Digital untuk Profesional Masa Depan”
![](https://statik.unesa.ac.id/ekonomi/thumbnail/27537e81-3496-46e0-a44b-212c49f41785.jpg)
Surabaya, 3 Juni 2024 - Dalam era digital yang semakin maju, personal branding menjadi salah satu aspek krusial untuk sukses dalam karir. Salah satu platform yang bisa dimanfaatkan untuk mengoptimalkan personal branding adalah LinkedIn. Pada Minggu, 2 Juni 2024 Himpunan Mahasiswa Program Studi Ekonomi melaksanakan salah satu program kerja dari divisi intelektual yakni program kerja Webrand (Webinar Branding) dan Pelatihan LinkedIn dengan mengusung tema “Jejak Sukses Digital: Navigasi Karier di Era Digital untuk Profesional Masa Depan” yang dilaksanakan secara online menggunakan zoom meeting dan diikuti oleh umum tidak berfokus pada mahasiswa Unesa saja.
Webrand dan Pelatihan LinkedIn ini merupakan webinar yang membahas bagaimana cara membangun dan memaksimalkan personal branding. Tidak hanya itu, Webrand ini juga diselipkan cara membuat LinkedIn dan juga mereview LinkedIn dari salah satu peserta. Dengan personal branding dan profil LinkedIn yang bagus, akan memudahkan mahasiswa untuk mencari pekerjaan disaat sudah lulus. Pada acara Webrand ini mengundang 2 pemateri keren yakni Mbak Retno Pratiwi (HR. Manager at PT Wahana Kosmetika Indonesia) dan Mas Reza Nafi yang kerap disapa dengan mas Afa (Salah satu Mahasiswa berprestasi Unair yang juga menjadi duta inspirasi Indonesia). Setelah sesi pemateri dan tanya jawab, webrand juga terdapat sesi ice breaking dan memberikan 5 reward untuk peserta terbaik.
![](https://statik.unesa.ac.id/ekonomi/gallery/1835e9a9-2a9c-4733-b1a5-a092ac4f9fb1.jpg)
Program kerja ini bertujuan untuk memberitahu peserta tips and trik membangun personal branding dalam lingkungan mahasiswa yang sangat bermanfaat di dunia kerja nantinya. Selain itu, peserta juga mendapatkan cara membuat profil LinkedIn dengan baik sehingga dapat dilirik oleh HRD perusahaan. Materi pertama webrand yakni Personal Branding yang dipaparkan oleh Mbak Retno Pratiwi menjelaskan tentang apa itu personal branding, tujuan, cara, serta membahas tentang seberapa pentingnya personal branding itu baik dilingkungan mahasiswa maupun di lingkungan umum. Personal branding sendiri adalah proses menciptakan identitas unik yang mencerminkan keterampilan, pengalaman, dan nilai-nilai pribadi seseorang. Dalam dunia profesional, personal branding dapat menjadi pembeda antara sukses dan gagal dalam mendapatkan pekerjaan atau klien.
Materi kedua webrand juga tidak kalah menarik yakni Pelatihan LinkedIn yang dipaparkan oleh Mas Afa. LinkedIn sendiri adalah platform profesional yang ideal untuk membangun dan mempromosikan personal branding. Dengan lebih dari 700 juta pengguna di seluruh dunia, LinkedIn menyediakan berbagai fitur untuk menunjukkan keterampilan, pengalaman, dan pencapaian profesional. Pada materi kedua Mas Afa menjelaskan perbedaan antara personal branding dan profesional branding, lalu juga membahas apa itu LinkedIn, kelebihannya, cara membuat profil LinkedIn yang baik serta mereview profil LinkedIn salah satu peserta. Para peserta Webrand sangat antusias sekali dalam mendengarkan materi, bahkan hingga berebut dalam sesi tanya jawab. Karna waktu yang sangat terbatas maka panitia tidak dapat menerima semua pertanyaan.
Dengan demikian acara Webrand dan Pelatihan LinkedIn dapat menjadi alat yang sangat berharga untuk membantu peserta dalam membangun identitas profesional yang solid, meningkatkan peluang karir, dan memperluas jaringan. Dengan mengikuti webinar ini, peserta tidak hanya meningkatkan keterampilan tetapi juga membuka pintu untuk berbagai peluang yang mungkin belum pernah peserta bayangkan sebelumnya.
![](https://statik.unesa.ac.id/ekonomi/gallery/5eadc8ce-c16d-480b-8640-3e9ec3050558.jpg)