LKKMTD Himpunan Mahasiswa Program studi S1 Ekonomi Fakultas Ekonomika Dan Bisnis
![](https://statik.unesa.ac.id/ekonomi/thumbnail/fa03a513-9b36-4000-a346-d4200b5ca10d.jpg)
On April 20 – 21 2024 , Association Economics Study Program students hold the LKMMTD work program , dengan mengusung tema “Mewujudkan Generasi Emas yang Berkarakter, Berintegritas, dan Berdaya Saing Global” yang Diselenggarakan diUniversitas Negeri Surabaya Fakultas EkonomikaDan Bisnis tepatnya di Gedung Audatarium G2 dan G9. Dengan Total Peserta Mencapai210 Mahasiswa Dari Universitas Negeri Surabaya maupun Dari Luar Fakultas Ekonomi Bisnis.
LKMMTD bertujuan memberikan pengalalamn dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat di duniakerja, mahasiswa dituntut untuk memiliki keterampilanmanajemen yang kuat. Keterampilan ini tidak hanya diperlukan dalam lingkup profesional, tetapi juga dalamkehidupan sehari-hari. Mahasiswa seringkali belum memilikipemahaman yang cukup tentang bagaimanamengelola waktu, mengaturprioritas, serta berkomunikasi dengan efektif.
Oleh karena itu, Himpunan Mahasiswa Program Studi Ekonomi dan Ekonomi Islam mengadakan program Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Dasar (LKMM-TD). Dengan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan manajemen sejak dini, diharapkan mereka dapat lebih siap menghadapi tantangan di masa depan,baik dalam konteks akademik maupun professional dan produktif dalam menjalani kehidupan akademik dan profesional.
Selain itu, melalui program Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Dasar (LKMM-TD), diharapkan dapat tercipta lingkungan belajar yang mendukung pengembangan keterampilan manajemen. Dengan adanya kolaborasi antara mahasiswa, dosen dan pihak terkait lainnya, diharapkan mahasiswa dapat belajar dari pengalaman praktis serta mendapatkan panduan yang tepat dalam mengembangkan keterampilan manajemen. Dan juga banyak rewarding bagi pemenang Proposal paling best, kuis dan yang Paling aktif mengikuti selama kegiatan LKMMTD.
Dengan materi yang disampaikan kemarin yaitu ada 11 Materi diantaranya :
1. Dasar – Dasar Organisasi yaitu peserta di bekali dengan materi yang di sampaiakan oleh pemateri yaitu dengan mejelaskan Struktur organisasi mengacu pada bagaimana tugas dan tanggungjawab dibagi, dikoordinasikan, dan dikontrol. Struktur ini dapat digambarkan melalui bagan organisasi yang menunjukkan hierarki dan hubungan antarposisi.
2. Administrasi Kesekretariatan yaitu peserta dibekali materi yang disampaikan oleh pemateri Administrasi Kesekretariatan adalah kegiatan yang melibatkan pengelolaan dan pengaturan tugas-tugas administratif untuk mendukung operasional sebuah organisasi. Kesekretariatan memainkan peran penting dalam memastikan kelancaran komunikasi, koordinasi, dan pelaksanaan tugas sehari- haridalam organisasi.3. Administrasi Keuangan yaitu peserta dibekali materi yang disampaikan oleh pemateri Administrasi keuangan adalah aktivitas yang melibatkan pengelolaan sumberdaya keuangan dalam suatu organisasi untuk memastikan penggunaan dana yang efektif dan efisien.4. Administrasi Keuangan yaitu peserta dibekali dengan materi yang disampaiakan Analisis kondisi lingkungan adalah proses evaluasi berbagai faktor eksternal dan internal yang dapat mempengaruhi kinerja dan strategi sebuah organisasi. 5. Perumusan Gagasan Awal yaitu peserta di bekali dengan materi yang disampaikan Perumusan gagasan awal adalah tahap kritis dalam berbagai proses pengembangan, termasuk pengembangan bisnis, produk, proyek, atau inisiatif lainnya.Tahap ini melibatkan identifikasi, penyusunan, dan penyempurnaan ide-ide yang akan menjadi dasar dari rencana atau proyek yang lebih besar.6. TolokUkur Keberhasilan dan Perencanaan Kegiatan yaitu peserta dibekali dengan materi yang disampaikan Tolokukur keberhasilan adalah indikator yang digunakan untuk mengukur sejauh mana tujuan atau sasaran telah tercapai dalam suatu proyek atau kegiatan. 7. Kepanitiaandan Komunikasi Antar Unit yaitu peserta dibekali dengan materi yang disampaikan Kepanitiaan adalah struktur organisasi sementara yang dibentuk untuk merencanakan, mengorganisir, dan melaksanakan suatu kegiatan atau proyek tertentu.8. Hakikat Motivasi yaitu peserta dibekali dengan materi yang disampaikan motivasi adalah dorongan internal atau eksternal yang mengarahkan perilaku seseorang menuju pencapaian tujuan tertentu. Hakikat motivasi mencakup pemahaman tentang faktor-faktor yang memengaruhi keinginan, ketekunan, dan arah perilaku individu.9. Pengambil Keputusan yaitu peserta di bekali dengan materi yang disampaikan Pengambil keputusan adalah proses mentalyang melibatkan pemilihan di antara beberapa pilihan yang tersedia. Keputusan dapat diambil oleh individu, kelompok, atau organisasi untuk mencapai tujuan atau memecahkan masalah tertentu.10. Pengendalian Konflik yaitu peserta di bekali dengan materi yang disampaikan Pengendalian konflik merupakan suatu proses yang penting dalam manajemen organisasi untuk mengelola konflikagar tidak mengganggu kinerja dan mencapai solusi yang memuaskan bagi semua pihak terlibat. 11. Teknik Penyusunan Usulan Kegiatan yaitu pesert dibekali dengan materi yang disampaikan Penyusunan usulan kegiatan adalah proses yang sistematis untukmerencanakan dan mengembangkan ide atau proposal kegiatan yang dapat diimplementasikan dalam berbagai konteks, seperti dalam organisasi, proyek, atau program.
1. Dasar – Dasar Organisasi yaitu peserta di bekali dengan materi yang di sampaiakan oleh pemateri yaitu dengan mejelaskan Struktur organisasi mengacu pada bagaimana tugas dan tanggungjawab dibagi, dikoordinasikan, dan dikontrol. Struktur ini dapat digambarkan melalui bagan organisasi yang menunjukkan hierarki dan hubungan antarposisi.
2. Administrasi Kesekretariatan yaitu peserta dibekali materi yang disampaikan oleh pemateri Administrasi Kesekretariatan adalah kegiatan yang melibatkan pengelolaan dan pengaturan tugas-tugas administratif untuk mendukung operasional sebuah organisasi. Kesekretariatan memainkan peran penting dalam memastikan kelancaran komunikasi, koordinasi, dan pelaksanaan tugas sehari- haridalam organisasi.3. Administrasi Keuangan yaitu peserta dibekali materi yang disampaikan oleh pemateri Administrasi keuangan adalah aktivitas yang melibatkan pengelolaan sumberdaya keuangan dalam suatu organisasi untuk memastikan penggunaan dana yang efektif dan efisien.4. Administrasi Keuangan yaitu peserta dibekali dengan materi yang disampaiakan Analisis kondisi lingkungan adalah proses evaluasi berbagai faktor eksternal dan internal yang dapat mempengaruhi kinerja dan strategi sebuah organisasi. 5. Perumusan Gagasan Awal yaitu peserta di bekali dengan materi yang disampaikan Perumusan gagasan awal adalah tahap kritis dalam berbagai proses pengembangan, termasuk pengembangan bisnis, produk, proyek, atau inisiatif lainnya.Tahap ini melibatkan identifikasi, penyusunan, dan penyempurnaan ide-ide yang akan menjadi dasar dari rencana atau proyek yang lebih besar.6. TolokUkur Keberhasilan dan Perencanaan Kegiatan yaitu peserta dibekali dengan materi yang disampaikan Tolokukur keberhasilan adalah indikator yang digunakan untuk mengukur sejauh mana tujuan atau sasaran telah tercapai dalam suatu proyek atau kegiatan. 7. Kepanitiaandan Komunikasi Antar Unit yaitu peserta dibekali dengan materi yang disampaikan Kepanitiaan adalah struktur organisasi sementara yang dibentuk untuk merencanakan, mengorganisir, dan melaksanakan suatu kegiatan atau proyek tertentu.8. Hakikat Motivasi yaitu peserta dibekali dengan materi yang disampaikan motivasi adalah dorongan internal atau eksternal yang mengarahkan perilaku seseorang menuju pencapaian tujuan tertentu. Hakikat motivasi mencakup pemahaman tentang faktor-faktor yang memengaruhi keinginan, ketekunan, dan arah perilaku individu.9. Pengambil Keputusan yaitu peserta di bekali dengan materi yang disampaikan Pengambil keputusan adalah proses mentalyang melibatkan pemilihan di antara beberapa pilihan yang tersedia. Keputusan dapat diambil oleh individu, kelompok, atau organisasi untuk mencapai tujuan atau memecahkan masalah tertentu.10. Pengendalian Konflik yaitu peserta di bekali dengan materi yang disampaikan Pengendalian konflik merupakan suatu proses yang penting dalam manajemen organisasi untuk mengelola konflikagar tidak mengganggu kinerja dan mencapai solusi yang memuaskan bagi semua pihak terlibat. 11. Teknik Penyusunan Usulan Kegiatan yaitu pesert dibekali dengan materi yang disampaikan Penyusunan usulan kegiatan adalah proses yang sistematis untukmerencanakan dan mengembangkan ide atau proposal kegiatan yang dapat diimplementasikan dalam berbagai konteks, seperti dalam organisasi, proyek, atau program.
4. Administrasi Keuangan yaitu peserta dibekali dengan materi yang disampaiakan Analisis kondisi lingkungan adalah proses evaluasi berbagai faktor eksternal dan internal yang dapat mempengaruhi kinerja dan strategi sebuah organisasi.
6. TolokUkur Keberhasilan dan Perencanaan Kegiatan yaitu peserta dibekali dengan materi yang disampaikan Tolokukur keberhasilan adalah indikator yang digunakan untuk mengukur sejauh mana tujuan atau sasaran telah tercapai dalam suatu proyek atau kegiatan.
10. Pengendalian Konflik yaitu peserta di bekali dengan materi yang disampaikan Pengendalian konflik merupakan suatu proses yang penting dalam manajemen organisasi untuk mengelola konflikagar tidak mengganggu kinerja dan mencapai solusi yang memuaskan bagi semua pihak terlibat.
![](https://statik.unesa.ac.id/ekonomi/gallery/0ba4f098-c4fb-424d-a7f3-e458cb6922c3.jpg)
![](https://statik.unesa.ac.id/ekonomi/gallery/8e694735-8354-414f-a6ed-c5541d3c2a35.jpg)