PEMBERDAYAAN IBU RUMAH TANGGA MELALUI PERSONAL BRANDING OLEH PRODI S1 EKONOMI UNESA
![](https://statik.unesa.ac.id/ekonomi/thumbnail/2c309494-956c-4df4-adfd-2d927e9de01f.jpg)
Penulis:
Dita Dismalasari Dewi
Editor:
Elyada Christi Octavia
Pada Minggu, 21 Juli 2024 Prodi Ekonomi Universitas Negeri Surabaya menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat di Desa Tawang Sari, Kec. Taman, Kab. Sidoarjo. Pengabdian ini mengangkat tema “How Housewives Can Use Personal Branding to Score Side Hustle”. Tujuan diselenggarakannya kegitan adalah membantu membangun personal branding ibu rumah tangga agar mendapat penghasilan tambahan melalui content creator, affiliate, dan freelance. Selain itu, melalui kegiatan ini Universitas Negeri Surabaya betujuan memperkuat hubungan dengan masyarakat dan menciptakan sinergi positif untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.
Acara ini di hadari oleh ibu rumah tangga, tokoh masyarakat desa, dan unsur pemerintahan setempat. Pembicara dari FEB UNESA, yaitu Dita Dismalasari Dewi S.M., M.Sc. memberikan materi tentang cara membangun personal branding dan menggunakan sosial media secara efektif untuk pendapatan sampingan, serta memanfaatkan website freelance yang tersedia di seluruh dunia. Beberapa mahasiswa FEB juga terlibat dalam sebagai fasilitator kegiatan.
Para ibu rumah tangga sering dituntut melakukan berbagai tugas, mulai dari memasak, mendidik anak, membersihkan rumah, hingga menjadi dokter ketika anak sakit. Namun, banyak ibu rumah tangga yang kehilangan kesempatan bekerja secara formal karena kesibukan di rumah atau kurangnya peluang kerja yang layak, serta keterbatasan pendidikan dan pengalaman. Personal branding menjadi sangat penting di era modern ini, dengan memanfaatkan teknologi untuk menghasilkan pendapatan tambahan.
![](https://statik.unesa.ac.id/ekonomi/gallery/5daca49d-576d-4f63-9366-82efbe7eb36e.jpg)
Program Studi Ekonomi UNESA menggelar kegiatan pengabdian masyarakat di Desa Desa Tawang Sari Kec. Taman Kab. Sidoarjo. (21/07/2024).(DOK. UNESA)